Renungan Harian, 26 Maret 2019
Amsal 2 : 3 - 5

"Ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian, dan menunjukkan suaramu kepada kepandaian, Jikalau engkau  mencarinya seperti perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan Tuhan dan mendapat pengenalan akan Allah."
Takut akan Tuhan memang akan menjadi awal mula dari segala hikmat dan pengetahuan. Takut akan Tuhan akan memperpanjang umur dan tidak hanya itu, kekayaan dan kehormatan akan menjadi milik orang yang takut akan Dia.
Maksud takut akan Tuhan bukan berarti kita takut untuk mendekat kepadaNya, tetapi lebih kepada mentaati perintahNya dan menjauhi laranganNya. Takut akan Tuhan berarti kita taat kepadaNya. Jika kita memiliki sikap untuk senantiasa takut akan Tuhan, maka hikmat dan kebijaksanaan akan menjadi milik kita yang langsung diberikan oleh Tuhan. Hikmat kebijaksanaan yang datangnya dari Tuhan, tidak akan dapat dibanding oleh apapun.
Firman Tuhan dalam kitab Amsal kali ini mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita takut akan Tuhan menjadi hal yang terpenting dalam hidup kita, yang artinya menanggap dan melakukan perintah Tuhan di dalam kehidupan kita, maka kita akan menjadi anak-anak Tuhan yang berbahagia serta dapat menikmati segalanya dengan rasa syukur.
Berseru kepada pengertian dan menunjukkan suara kepada kepandaian dapat mengisyaratkan bahwa kita akan selalu memiliki dan mempertahankan hidup kita seturut dengan kehendak Tuhan dan memberitakan kabar baik kepada banyak orang, maka Tuhan akan menambah-nambahkan kepandaian dalam hidup kita. Takut akan Tuhan akan menjadi pengertian yang paling hakiki dalam kehidupa kita.
Mencari seperti perak dan mengejarnya seperti harta terpendam memiliki arti bahwa kita akan terus memiliki semangat untuk menyelidiki hukum hukumNya Tuhan dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan kita. Ini menunjukkan sebuah keseriusan dalam mencari dan menemukan makna kehidupan bersama Tuhan. Firman Tuhan itulah yang akan selalu menyegarkan jiwa kita.
PERMATA, hari ini Firman Tuhan mengajak kita untuk menjadi anak-anak yang takut akan Tuhan, tidak hanya menjadi pendengar namun juga pelaku Firman dalam kehidupan. Selamat menjadi berkat.

Post Terkait