Siapa sih dalam hidup yang mau gagal. Apalagi gagal dalam hubungan ya ga ada yang mau donk. Tapi kalau itu terjadi, gimana? Apa iya, mau terus-terusan bersedih ? C’mon waktumu terlalu berharga untuk itu. Move on donk !

Lagian ya, coba deh tarik nafas sejenak trus kita berpikir jernih. Emanknya kalau terus-terusan sedih dan menangisi kegagalan yang ada akan mengubah keadaanmu? Hayo jawab yang jujur. Engga kan? Trus apa untungnya kamu tetep sedih, tetep ingat-ingat masa lalumu itu. Ada untungnya?

Kalau kamu ga mau move on alias gagal move on ya, paling ga ada 6 kerugiannya loh.

  1. Merusak hubunganmu dengan Sang Pencipta
    Lah? Kok bisa?
    Ya bisalah, waktu yang seharusnya kamu pakai untuk beribadah dan mendekatkan diri ke Tuhan jadi ga ada karena waktunya habis dipakai untuk mengasihani diri sendiri, nangis, stalking medsos si dia karena gagal move on dari mantan #ups).
  2. Waktumu terbuang sia-sia
    Coba bayangin, berapa banyak waktu yang kamu habiskan hanya untuk menyesali apa terjadi. Trus bayangin juga dengan waktu yang sama, kamu bisa melakukan apa? Simpelnya, kalau kamu lagi sekolah atau kuliah daripada galau terus ikut kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat atau belajar dengan teman. Banyak hal bermanfaat yang bisa kamu kerjakan daripada nangis sesegukan di kamar kan?
  3. Merasa Bersalah
    Ketika kamu belum move on, maka apapun juga yang kamu lakukan sekarang ya ga bisa focus entah dalam study, pekerjaan bahkan hubungan dengan orang lain. Ujung-ujungnya kamu ga bisa maksimal melakukan apa yang harus kamu lakukan atau kalau dalam hubungan bisa aja muncul perasaan bersalah dihatimu karena kamu ga bisa bener-bener mencintai pasanganmu yang sekarang karena masih dibayangi mantanmu (ya istilah lebih kerennya sih si doi jadi tempat pelarian doank. Ayolah, jalan itu ke depan bukan kebelakang. Kebanyakan mundur ntar nubruk loh #eh
  4. Rugi Kuota
    Kok bisa? Ya iyalah, dalam sebuah hubungan orang yang belum / gagal move on biasanya akan sibuk cari kabar terbaru mantannya apapun itu dan artinya kamu butuh kuota yang lebih besar kan? Daripada stalking mantan mending stalking berita dan info yang bermanfaat atau nonton video tutorial yang sesuai hobimu, masak mungkin?
  5. Rawan Dipecat / Nggak lulus kuliah
    Karena kalau yang Namanya belum move on itu ya sudah pasti susah konsentrasi. Nah kebayangkan apa jadinya? Kerjaanmu atau studymu ya jadi berantakan. Mau? Udah rugi waktu rugi materi lagi.
  6. Boros karena makan terus / sakit karena ga nafsu makan
    Makan adalah pelarian paling ampuh bagi orang yang sedang stres. Biasanya sih sambal curhat ke teman ya sambil makan juga. Tapi ada juga sih yang justru jadi malas makan karena stres. Alasannya biasanya karena ga nafsu makan. Tahu sendiri kan, kalau ga makan atau sering telat makan apa jadinya? Yups, SAKIT. (AB)

Sesudah baca ini, yuk Baca Alkitab dari Kitab Amsal 15:23-33.

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.