Renungan Harian, 15 Juni 2019
Matius 4 : 12 - 17
Setelah Yesus dibaptis oleh Yohanes pembaptis, Yesus memulai karya penyelamatanNya bagi dunia. Ia mulai memberitakan Injil Kerajaan Allah. Setelah Yohanes Pembaptis ditangkap, Yesus menyingkir ke Galilea, meninggalkan Nazaret dan Ia diam di Kapernaum.
Ada beberapa hal yang bisa kita petik dari kisah Yesus tampil di Galilea :
1. Penangkapan Yohanes Pembaptis adalah penggenapan nabi Yesaya, sedangkan kehadiran Tuhan Yesus ke dunia juga merupakan sebuah nubuatan nabi Yesaya bahwa bangsa yang besar yang penuh dengan kegelapan akan melihat terang yang besarĀ  Artinya, setiap Firman Tuhan yang terdapat dalam Alkitab, pasti akan digenapi dan nubuatan yang ada, pasti akan terjadi. Hingga kini, ada satu nubuatan yang belum terjadi dan akan terjadi bila sudah waktuNya tiba yaitu kedatangan Tuhan Yesus untuk keduakalinya. Nubuatan ini, pasti akan terjadi.
Setelah Yesus naik ke Surga, setiap orang percaya dipilih Tuhan untuk masuk dalam rencana Allah. Memberitakan Injil dan Tuhan berjanji akan memberi seorang penolong bagi kita. Kehidupan orang kristen adalah kehidupan yang menggenapi setiap janji Tuhan yang terdapat dalam Injil. Karena Tuhan telah memilih kita bahkan ketika kita masih dalam kandungan ibu kita.
2. Mulai saat iniah Tuhan Yesus memulai pelayananNya dengan mengatakan : “Bertobatlah, sebab Kerajaan Allah sudah dekat.”
Akan selalu ada kata memulai untuk sebuah pelayanan. Walaupun ketika memulai pelayanan, Yohanes Pembaptis telah ditangkap, tidak menyurutkan keberanian Tuhan Yesus untuk memberitakan Injil, karena Ia percaya penuh kepada Allah Bapa, yang mengutusNya. Begitu juga dengan kita, akan selalu ada kata untuk memulai dan ketika memulai terkadang memang ada tantangan yang berat, namun sama seperti Yesus yang tidak gentar, begitu jugalah seharusnya kita. Mintalah tuntunan Roh Kudus untuk memberi kekuatan dan memberi pengertian yang benar akan Firman Tuhan, karena bertobat berarti berbalik kepada Allah

Post Terkait