Climate Action Day PERMATA GBKP x UEM 2018

Youth Climate Action Day adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh PERMATA GBKP bekerjasama dengan United Evangelical Mission (UEM). Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperingati hari Lingkungan Hidup, yang menjadi tolak dasar kita menyadari betapa pentingnya melestarikan alam demi memberi banyak oksigen pada bumi. Demi tercapai tujuan tersebut, maka PERMATA GBKP memilih ide untuk membagikan bibit pohon tanaman untuk ditanam dan dilestarikan dengan tujuan bibit pohon tersebut dapat tumbuh dan berkembang sehingga mampu meminimalisasi semakin rusaknya bumi.

Dimulai dari pagi yang cerah, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 02 Desember 2018 bertempat di Kabanjahe, Sumatera Utara ini, dimulai pada pukul 10.00 WIB. PERMATA GBKP berkumpul di Kantor Moderamen GBKP yang berlokasi di Jalan Pala Bangun No. 66 Kabanjahe. Setelah berkumpul dan mengadakan PERMATA melakukan briefing tentang kegiatan dan juga mempersiapkan bibit yang telah ada untuk disebar dan ditanam. Tepat, Pukul 11.00 WIB, PERMATA GBKP memulai kegiatan yang meliputi pembagian bibit tanaman kepada beberapa Rumah Ibadah, Sekolah, Fasilitas Umum hingga Kantor Pemerintahan. Peserta dibagi ke dalam tiga kelompok yang disebar ke setiap titik pembagian bibit tanaman. Lebih dari 300 bibit berhasil disebar pada hari itu.

Kegiatan ini diikuti oleh hampir 45 orang PERMATA GBKP yang berdomisili di wilayah Kabanjahe sekitarnya. Bagi masyarakat yang kami temui, kegiatan ini dinilai cukup baik untuk dilaksanakan. Misalnya saja, pendapat salah satu Bapak dari salah satu pengurus Gereja di Kota Kabanjahe, yang berharap kegiatan ini tetap ada dan berkelanjutan agar masyarakat semakin menyadari akan pentingnya keseimbangan lingkungan hidup yang tetap terjaga. Beliau juga mengatakan akan segera menanam seluruh bibit yang diserahkan di halaman Gereja yang memang cukup luas. Beberapa masyarakat juga cukup antusias dan semakin menyadari arti pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan akhirnya mereka tergerak untuk menanam pohon dan merawatnya.

Ketika hari sudah mulai siang, rintik hujan mulai turun pada saat kegiatan berlangsung, namun tidak menyurutkan semangat PERMATA GBKP untuk tetap melaksanakan kegiatan dalam membagikan dan melakukan penanaman bibit pohon yang berlangsung hingga pukul 14.30 WIB. Kegiatan juga di meriahkan dengan “Live Accoustic Street Music” dibawakan oleh PERMATA GBKP Klasis Kabanjahe yang bertempat di pelataran parkir Taman Makam Pahlawan yang terletak di Jalan Veteran Kabanjahe. Ditemani MC yang juga seorang PERMATA GBKP, Deo Ginting dan Pinta br Ginting, PERMATA GBKP menyanyikan beberapa lagu Indonesia sembari melakukan campaign kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Kegiatan berlangsung hingga pukul 17.35 WIB, dan seluruh rangkaian kegiatan berakhir dengan kata penutup oleh Ketua Umum PERMATA GBKP Pusatdan doa bersama.

Tidak hanya sampai disitu saja, campaign Climate Action Day juga dilakukan PERMATA GBKP melalui survei interaktif melalui situs web resmi PERMATA GBKP di www.permatagbkp.org yang bertajuk Go-Green. Go-Green adalah sebuah tagline bagi masyarakat luas untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dengan mengajak masyarakat membuat komitmen bagi dirinya untuk dilakukan lewat mengisi survei interaktif yang dibuatkan di dalam website dan dapat dibagikan ke sosial media lainnya baik Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Akhir kata, terima kasih sebesar-besarnya untuk kerjasama semua pihak yang telah mendukung dan berpatispasi dalam kegiatan Climate Action Day PERMATA GBKP – United Evangelical Mission (UEM), Pemerintah Kabupaten Karo, Moderamen Gereja Batak Karo Prostestan (GBKP), PERMATA Klasis Kabanjahe, PERMATA Klasis Kabanjahe Sukaramai, PERMATA Klasis Kabanjahe Tiga Panah, PERMATA Klasis Lau Baleng, dan seluruh rekan-rekan yang sudah memberikan “suaranya” melalui survei bertajuk ”GoGreen”, pihak penerima bibit tanaman dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan namanya stau per satu. (DB/AB)

Tuhan Memberkati!

Post Terkait