Renungan Harian, 16 November 2018
Efesus 4 : 22 - 23

Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, 
Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu

Hidup anak-anak Tuhan adalah kehidupan yang harus kembali kepada Firman Tuhan, karena Firman adalah kebenaran yang sesugguhnya. Setiap orang percaya, kalau Firman Tuhan penuh dengan kuasa.

Firman hari ini kita boleh belajar, bahwa kita harus menanggalkan kehidupan manusia lama kita yang hanya akan menemui kebinasaan oleh nafsu yang menyesatkan agar kita mampu dibaharui di dalam Roh dan pikiran.

Menanggalkan manusia lama mengandung makna bahwa kita harus menanggalkan segala keinginan daging kita yang menyesatkan. Adapun keinginan daging yang dimaksud adalah percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya (Galatia 5 : 19 – 21). Keinginan daging hanya akan menjadikan hubungan kita rusak dengan Tuhan. Lebih lanjut 1 Yohanes 2 : 16 – 17 mengatakan kalau keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup akan menghancurkan manusia itu sendiri dan membuatnya menjauh dari Tuhan, karena itu mendekatlah kepada Tuhan melalui firmanNya agar kita mampu mengalahkan semuanya.

Dengan membaca dan merenungkan Firman Tuhan, maka secara roh dan pikiran kita akan dibaharui. Ketika bersama Tuhan, maka yang dibaharui adalah Roh dan pikiran. Kita akan menemukan berbagai rahasi Firman yang akan menjadikan pikiran kita berubah. Berubah artinya kita akan mengerti bahwa kehidupan di dalam daging itu salah dan tidak ada gunanya. Pikiran kita akan berbalik untuk mengasihi Tuhan dan mengenal FirmanNya. Ketika pikiran kita berubah menuju kearaeh Tuhan maka Roh kita juga akan berubah. Roh Kudus akan mampu bekerja secara leluasa bagi kehidupan kita sehingga kita dimampukan untuk hidup kudus dan berkenan kepada. Tuhan. Memang akan ada proses transformasi yang luarbiasa akan terjadi dalam kehidupan kita, tetapi inilah yang diinginkan Tuhan.

Tidak gampang memang secara dunia, karena daging adalah sesuatu yang sangat melekat dengan kita, namun ketika Firman Tuhan ada di dalam diri kita, segalanya akan dimampukan. Keinginan daging akan menjadi lemah dan Roh akan menjadi kuat.

Post Terkait