Renungan Harian, 21 Januari 2019
Bacaan : Amsal 28 : 22 - 28

Bila kita berbicara tentang berkat Tuhan, maka kita akan berbicara tentang kelimpahan, karena berkat Tuhan sangat melimpah yang telah kita terima dan yang akan kita terima. Memasuki awal 2019, mari kita semakin menyadari bahwa Tuhan sangat senang mengadakan mukjizat dan melimpahkan berkatNya kepada kita.

 Menurut Amsal, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar berkat melimpah dalam hidup kita :

  1. Jangan menjadi orang kikir (ayat 22)

Orang kikir sering diidentikkan sebagai orang pelit. Biasanya kadar paling parah dari orang kikir adalah bahkan ia juga sangat rugi untuk memberikan yang terbaik untuk dirinya. Padahal, Tuhan berkata, bahwa orang kikir akan selalu merasa kekurangan. Orang kikir biasanya akan terus menerus mencari harta duniawi untuk dikumpulkan. Fokus utamanya adalah harta duniawi dan orang kikir biasanya sulit sekali untuk berbagi kepada orang lain. Hari ini kita diingatkan untuk tidak menjadi orang kikir yang tergesa gesa mencari harta, namun Tuhan dalam FirmanNya dalam Matius 6 : 19 mengatakan untuk kita jangan mengumpulkan harta di bumi, karena ngengat dan karat akan memakannya. Maksud dari ayat ini adalah bukan berarti kita tidak boleh mempunyai simpanan tabungan dan harta, namun ayat ini bermaksud agar kita PERMATA tidak berfokus utama mengumpulkan harta duniawi sampai sulit untuk berbagi, namun pergunakanlah harta duniawi kita untuk kesempatan melayani dan berbagi. Itulah yang diinginkan Tuhan.

  1. Jangan menjadi penjilat (ayat 23)

Penjilat sering diibaratkan sebagai orang yang suka memuji-muji orang lain demi sebuah kepentingan tertentu. Tidak mengatakan kebenaran terhadap sesuatu karena tetap ingin dianggap baik dimata banyak orang. Hari ini kita diingatkan untuk tidak menjadi penjilat, sebaliknya ketika memang harus menegur orang, tegurlah dengan kasih.

  1. Menghormati ayah dan ibu (ayat 24)

Yang dimaksud menghormati ayah dan ibu adalah memperlakukan mereka dengan baik, sopan dan menghargai mereka. Intinya menghormati ayah dan ibu berarti memperlakukan mereka seperti raja. Raja selalu akan dihormati dan dilayani. Dalam kitab Amsal ini dikatakan bahwa siapa yang merampasi ayah dan ibunya, dan mengira itu bukan pelanggaran, ia adalah seorang kawan perusak. Karena itu, PERMATA diajak untuk tidak menjadi seorang perusak, sebaliknya hormatilah ayah dan ibumu, karena menghormati ayah dan ibu juga merupakan suatu perintah Tuhan dalam Hukum Taurat yang kelima, yang wajib dilaksanakan (Keluaran 20 : 12)

  1. Percayalah kepada Tuhan (ayat 25)

Menjadi orang yang percaya kepada Tuhan, berarti keyakinan harus penuh dan bulat. Loba dapat diartikan sebagai orang yang tamak atau serakah. Dan hari ini Firman Tuhan mengingatkan kepada kita, percaya kepada Tuhan akan diberi kelimpahan, sebaliknya orang yang serakah akan menimbulkan pertengkaran. Percaya kepada Tuhan harus dengan segenap hati.

  1. Percayalah kepada Tuhan, maka akan diberi kelimpahan (ayat 26)

Dalam kitab Amsal 3 : 5 menjelaskan kepada kita agar kita tidak bersadar kepada pengertian kita sendiri namun percayalah kepada Tuhan. Bila kita percaya kepada Tuhan dengan segenap hati, maka Tuhan sendirilah yang akan memerintahkan berkat dan hikmatNya turun atas kita. Dan dalam ayat ini dikatakan, bahwa siapa yang berlaku bijak menurut stadarNya Tuhan, akan selamat.

  1. Memberi kepada orang miskin (ayat 27)

Orang miskin diidentikkan sebagai orang yang kekurangan secara materi dan tidak terpenuhinya kebutuhan primer-nya. Firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada kita untuk memberi kepada orang miskin dan ketika kita memberi dengan tulus hati, maka Tuhan berjanji kita tidak akan megalami kekurangan dalam hidup kita (Matius 25 : 40), sebaliknya justru orang yang menutup mata, yang artinya tidak peduli dengan orang miskin, Firman Tuhan katakan akan sangat dikutuki.

  1. Jangan menjadi orang fasik (ayat 28)

Orang fasik diartikan sebagi seorang yang munafik. Salah satu ciri orang fasik boleh kita baca dalam Yudas 1 : 16. Firman Tuhan katakan, jika orang fasik mendapat kekuasaan, maka orang benar menyembunyikan diri, tetapi bila mereka binasa, maka bertambah-lah jumlah orang benar.

 Soo, PERMATA, siap menerima berkat Tuhan hari ini ? Jangan lupa lakukan perintahNya.

Post Terkait