Renungan Harian, 19 Februari 2019
“Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak”

1 Korintus 9:27

Rasul Paulus menggunakan perumpamaan tentang olahraga untuk menekankan perlunya disiplin rohani bagi orang Kristen. Kata “melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya” itu artinya ada kebiasaan yang baik, kebiasaan yang dikendalikan oleh Roh Kudus. Roh Kudus menguasai hati dan pikiran kita sehingga melakukan, memperkatakan sesuai dengan kehendak Yesus. Mampu menjadi contoh yang baik. Berintegritas (sesuai apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan), menjadi batu penjuru bagi orang lain, tidak menjadi batu sandungan. “Supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak” tentu saja karena kita sudah melakukan apa yang diceritakan Injil, yakni kabar baik, kabar sukacita yang sesuai dengan kehendak Bapa di Sorga.

Disiplin fisik dan rohani dapat membuat kita sehat jasmani dan sehat rohani. Itu artinya, PERMATA GBKP tidak hanya membutuhkan latihan badani agar tetap sehat dan tidak mudah sakit, tetapi kita juga membutuhkan latihan rohani. Latihan badani: rajin berolahraga, banyak minum air putih, banyak makan buah dan sayur, istirahat yang cukup. Firman Tuhan dalam Amsal 11:17 “orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri.” Dan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Demikian juga hal yang paling penting yaitu: latihan rohani, diantaranya dapat dilakukan dengan cara: rajin berdoa, beribadah, bernyanyi puji nama Tuhan, membaca dan mendengar serta melakukan Firman agar kehidupan iman kita tetap kuat di dalam Tuhan. Itu artinya PERMATA GBKP selaku anak-anak Allah harus melatih kebiasan-kebiasaan yang baik, serta disiplin melakukannya sehingga kita mampu menjadi pelaku dan penyampai kabar baik dari Allah kepada semua orang. Mari PERMATA GBKP, kita menjadi contoh yang baik dan tetap beritakan kabar baik Allah! Sehat jasmani dan sehat rohani, itulah gambaran anak-anak Allah. PERMATA GBKP sehat jasmani dan sehat rohani.

Sumber : Pdt. Mira Mutianta Br. Sinulingga, S.Th, Pendeta PEMUDA GBKP

Post Terkait