Sudah bukan hal baru apabila media sosial merajai remaja masa kini. Gimana nggak? Kamu bisa tau kabar dari seseorang yang jauh berbeda tempat bahkan negara dengan kamu hanya dengan menggunakan media sosial. Selain itu, kamu juga bisa tetap berbicara dengan temanmu yang sudah berpisah lama dan rasanya gak berbeda jauh saat kamu bertemu tatap muka.

Begitu banyak kemajuan di hasilkan dari teknologi pada saat ini. Terlebih lagi saat kamu membutuhkan informasi-informasi yang hanya bisa kamu dapatkan di internet, wah, rasanya tanpa batas kamu bisa mengetahui segala sesuatu yang kamu ingin hanya dengan satu kali klik. Tapi ternyata, terlalu mengandalkan internet dan terus-terusan menggunakan internet dapat menyebabkan dampak negatif buat kamu loh.

Mau tau apa aja?

  1. Cyber bullying
    Wah, mungkin ini bukan sesuatu yang baru kali ya. Cyber bullying itu apa sih? Beberapa orang menyatakan bahwa cyber bullying adalah dampak paling negatif yang dapat diterima oleh remaja dan orang orang di internet. Tanpa sadar, hanya dengan satu kalimat atau satu kata, kamu dapat menjatuhkan seseorang dan membuat mereka sedih tanpa sepengetahuanmu. Kamu juga bisa saja menjadi kecewa karena teman yang kamu temukan di internet memperlakukanmu dengan tidak baik. Asalkan kamu bisa mengontrol untuk tidak mengambil hati segala sesuatu yang ada dan kamu baca di internet, mungkin masih aman kali yaaa.
  1. Cuek terhadap keluarga dan teman sekitar
    Loh, kok cuek terhadap teman? Bukannya internet mendekatkan kita dengan teman ya? Iya memang, tapi yang kami maksud disini adalah teman-teman sekolah kamu, kuliah, atau pun teman kerja yang kamu tidak berhubungan terus-terusan via internet. Kamu bisa saja fokus hanya dengan internet, tapi pada akhirnya kamu membuat hubungan kamu dengan temanmu jadi berantakan. Selain hubungan dengan teman, hubungan dengan keluarga juga bisa terpengaruh loh akan hal ini.
  2. Insomnia
    Hayo jujur, pernah nggak kamu ngga tidur sampai pagi karena kamu nonton tv series di internet, atau ga tidur sampai pagi karena kamu keasikan scrolling media sosial kamu? Pasti kamu pernah deh. Ternyata penelitian menyatakan bahwa internet adalah salah satu faktor paling besar penyebab insomnia di anak muda. Ketidakmampuan anak muda untuk lepas dari internet dan telepon genggam membuat mereka kehilangan kualitas tidur mereka.
  3. Tidak aktif secara fisik
    Otomatis kalau kamu terus menerus berada di rumah dan menggunakan internet untuk melakukan apapun, kamu jadi kurang gerak, dan pada akhirnya kamu tidak aktif secara fisik. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan kamu loh. Karena sebenarnya kamu harus aktif untuk menjaga kesehatan. Coba deh, tinggalkan telepon genggam kamu lalu berolahraga bersama teman.
  4. Kekurangan privasi
    Ini nih yang perlu kamu waspadai. Contohnya dalam media sosial, kamu biasa akan diminta memasukkan data pribadi kamu seperti nama, email, nomor handphone, dan lain lain. Mereka juga bisa mengakses lokasi kamu. Jadi kamu harus hati-hati ya dalam menyebar informasi di internet. Privasi kamu bisa terganggu loh, dan jangan sampai tindak kejahatan terjadi karena hal ini ya.

Wah ternyata banyak juga ya dampak negatif dari internet? Kira kira mau ga ya kita berusaha untuk mengurangi penggunaan internet? Pada dasarnya internet itu bersifat netral, positif ataupun negatif ya tergantung dari siapa yang menggunakannya! (AB)

Sesudah baca ini, yuk Baca Alkitab dari Kitab 2 Timotius 4:5 dan 1 Petrus 4:7.

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.