Renungan Harian, 06 April 2019
Ibrani 4 : 12

“Sebab Firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa roh, sendi-sendi dan sum-sum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.”

Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita bahwa Firman Allah itu hidup dan kuat. Artinya, setiap ayat dan pasal dari Firman itu sendiri mengandung kebenaran sejati yang adalah kehidupan dalam kebenaran, karena itu Tuhan katakan kita harus merenungkan Firman Tuhan siang dan malam dan menyelidiki setiap Firman agar bertumbuh di dalam kehidupan kita. Firman Tuhan juga harus diartikan sebagai Allah itu sendiri (Yohanes 1 : 1) yang telah menjadi manusia yaitu Tuhan Yesus Kristus. Firman itu adalah Tuhan Yesus yang hidup dan kuat. Dan kehidupan orang-orang percaya adalah kehidupan tentang siapa Yesus di dalam dirinya (Galatia 2 : 20) dan menjadi saksiNya di dalam kehidupan. Dalam menjadi saksi Kristus, satu hal yang harus selalu kita ingat bahwa Tuhan Yesus tetap sama dari dulu, sekarang dan sampai selamanya (Ibrani 13 : 8).

Selanjutnya, dikatakan bahwa Firman Tuhan dapat memisahkan antara roh dan jiwa, sendi dan sumsum dan ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Makna dari ayat ini adalah bahwa Firman itu memiliki arti  yang sangat dalam sehingga dapat mengubahkan hati dan keadaan seseorang. Firman Tuhan dapat mengubah sifat manusia yang keras menjadi lembut, mengubah pribadi yang tidak baik menjadi pribadi yang taat dan patuh pada Tuhan dan Firman Tuhan dapat mengalahkan lawan kita yang sebenarnya yaitu iblis dan roh penghulu di udara yang sangat jahat (Efesus 6 : 12), karena Firman Tuhan adalah pedang Roh. Hanya Firman Tuhan yang mampu melakukannya. Wow! Bukankah begitu dalamnya arti Firman Tuhan.

Hanya di dalam Tuhan, setiap lutut akan bertekuk dan setiap lidah akan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan (Roma 14 : 11; Filipi 2 : 11). Dan setiap Firman akan digenapi.

PERMATA, yuk kita belajar semakin “menghidupi” Firman Tuhan di dalam kehidupan kita.

Post Terkait