Renungan Harian, 17 Februari 2019

1 Tesalonika 5 : 12 – 22
Dalam nats ini, kita belajar Firman Tuhan sebagai pemberi nasehat terbaik. Ada beberapa hal yang diajarkan kepada kita, yaitu :
1. Menghormati Pemimpin dalam Tuhan
Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita untuk menghormati pemimpin dalam jemaat dan juga orang yang menegur kita dalam kasih Tuhan. Selain itu, Tuhan juga menginginkan kita untuk hidup damai dinatara seseorang dengan yang lainnya.
2. Menegur orang yang tidak tertib
Dari Firman Tuhan hari ini kita boleh belajar, bahwa Tuhan sangat menyukai segala keteraturan dan ketertiban. Karena itu, Tuhan menasehati kita untuk menegur orang yang tidak tertib dalam kasih, menghibur orang yang tawar hati (tawar hati mengartikan seseorang yang mengalami kekosongan dalam hidupnya), membela yang lemah dan sabar terhdaap semua orang.
3. Membalas kejahatan dengan kebaikan
Wow..! Ini adalah salah satu perintah dalam Firman Tuhan yang paling spesial, karena di dalam Yesus, kejahatan harus dibalas dengan kebaikan. Tuhan Yesus juga mengajarkan kepada kita untuk mendoakan musuh kita. Betapa mulianya hati Tuhan Yesus yang harus kita teladani.
4. Bersukacitalah senantiasa
Sukacita senantiasa mengartikan bahwa tetap bersukacita dalam keadaan apapun dalam kehidupan kita, karena sukacita tidak tergantung kepada siapa kita, tetapi kita bersukacita karena Tuhan. Inilah yang diinginkan Tuhan dalam kehidupan kita.
5. Tetaplah Berdoa
Kesetiaan dalam berdoa kepada Tuhan adalah salah satu yang diinginkan Tuhan. Dalam keadaan dan situasi apapun yang sedang kkta hadapi, Tuhan menginginkan kita untuk tetap teguh berdoa kepadaNya.
6. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah dalam Kristus Yesus bagi kamu.
Bagi orang Kristen, mengucap syukur adalah bagian yang harus ada dalam kehidupannya, baik ketika sukacita maupun dalam keadaan dukacita.
7. Janganlah padamkan Roh,
Setiap orang yang mengaku Yesus sebagai Tuhan akan selalu dianugerahkan Roh Kudus sebagai penolong baginya. Karena itu, jangan padamkan Roh Tuhan yang ada pada kita dengan terus menerus belajar Firman Tuhan dalam kehidupan, memiliki hidup yang seturut dengan Firman Tuhan sehingga Roh Allah tetap menyala-nyala dalam kehidupan.
8. Jangan anggap rendah nubuat
9. Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik
10. Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.
Yuuk PERMATA, kita boleh belajar untuk dinasehati dengan Firman Tuhan, karena memang begitulah fungsi Firman Tuhan dalam kehidupan (2 Timotius 3 : 16)

Post Terkait