Renungan Harian, 14 Oktober 2018
Matius 13

Ada beberapa jenis respon orang yang mendengar firman Tuhan :

  1. Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di PINGGIR JALAN, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis (ayat. 4)
    => Means. Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi TIDAK MENGERTI, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu (ay 19)
  2. Sebagian lagi jatuh di TANAH yang BERBATU BATU, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena TIDAK BERAKAR (ay 5 -6)
    => Means. Orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira. Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang PENINDASAN atau PENGANIAYAAN karena Firman itu, orang itupun segera murtad (ay 20 – 21)
  3. Sebagian lagi jatuh di TENGAH SEMAK BERDURI, Lalu semakin besarmya semak itu dan menghimpitnya sampai mati (ay 7)
    => Means. Orang yang mendengarkan firman, lalu KEKUATIRAN DUNIA ini dan TIPU DAYA KEKAYAAN menghimpit Firman itu sehingga tidak berbuah.
  4. Dan sebagian lagi jatuh di TANAH yang BAIK, lalu BERBUAH: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat ( Mat 13 : 8 )
    => Means. Orang yang MENDENGAR Firman itu dan MENGERTI, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat (ay 23)

Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar ! (Ayat 9).

Lalu, dimanakah posisi kita ?

Post Terkait