Renungan Harian, 03 Juli 2019
Amsal 4

“Permulaan hikmat ialah : perolehlah hikmat dan dengan segala yang kau peroleh, perolehlah pengertian.” (Amsal 4 : 7)

“Jagalah hatimu dari segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan.”  (Amsal 4 : 23)

Amsal kali ini berkisah bagaimana memperoleh hikmat dari Tuhan, bagaimana melakukannya dan bagaimana untuk belajar menjaga hati dari segala kewaspadaan.

Dikatakan untuk permulaan hikmat adalah perolehlah hikmat itu. Kalimat ini dapat bermakna untuk memperoleh hikmat Allah, kita harus mendekat dan melebur bersama Allah. Mendekat kepada Allah tentu saja dengan membaca,  menyelidiki serta merenungkan setiap Firman Tuhan dalam kehidupan. Aplikasinya adalah kita dimampukan Tuhan untuk menjadi teladan dan pelaku Firman yang benar dalam kehidupan.

Selanjutnya, kita juga dinasehatkan untuk menjaga hati dari segala kewaspadaan. Menjaga hati dari segala kewaspadaan maksudnya adalah kita dimampukan untuk tetap memelihara apa yang Tuhan ajarkan dalam kehidupan. Sukacita dan damai sejahtera yang tak pernah lekang, memelihara kelembutan dan kesuciaan hati sehingga sampah kehidupan tidak akan masuk ke dalam hati, Kita harus waspada terhadap godaan iblis melalui keinginan daging, keinginan mata serta keangkuhan hidup.

Menjaga hati tentu saja dengan mendekat kepada Allah melalui FirmanNya. Milikilah konsistensi dan ketaatan dalam melakukan Firman dalam kehidupan.

Post Terkait