Renungan Harian, 07 April 2019
Amsal 4
Bukankah hikmat selalu berseru dan kepandaian memperdengarkan suaranya, di tepi jalan, di persimpangan, di pintu gerbang hingga pada jalan masuk. Ia selalu berseru dengan nyaring : “Hai orang muda, tuntutlah kecerdasan, mengertilah kata hatimu dan jangan melawannya!”
Terimalah didikan dan pengetahuan yang benar lebih dari apapun. Karena seyogyanya, kehidupan menebarkan makna yang teramat dalam untuk kita mengerti dan pengetahuan akan memberikan kebijaksanaan, dalam pengalaman yang selalu menjadi guru yang terbaik.
Dengarkanlah didikan ayah dan peliharalah nasehat ibu di dalam hatimu, karena mereka adalah pilihan Tuhan yang diberikan kepadamu untuk engkau selalu hormati tanpa terkecuali. Apapun keadaannya dan bagaimanapun rasa yang dihadirkan oleh mereka.
Tetaplah menjadikan Tuhan sebagai sandaran yang utama di dalam kehidupan, karena Dialah pribadi yang tidak akan pernah mengecewakanmu, yang selalu bersamamu untuk mengerti kedalaman hati dan jiwa. Dialah pribadi, dalam kebahagiaan tanpa batas.
Arahkanlah telingamu untuk mendengarkan suaraNya dalam kata hati. Tempuhlah jalan kehidupan dan jangan pernah lari ke dalam kekelaman, walau rintihan kaki terkadang berat untuk melangkah. Tetaplah percaya, akan selalu ada akhir bahagia, ketika Tuhan menjadi yang utama di dalam kehidupanmu.
Buanglah kebodohan dan kamu akan memiliki kehidupan dengan jalan pengertian kebenaran. Engkau akan semakin memahami akan cintaNya yang sungguh mempesona dan menarik hati untuk terus merasakannya. Karena kasihNya akan menjadi pohon kehidupan yang sejati. Ia selalu menghasilkan buah yang lebat pada musimnya dan daunnya tidak akan pernah gugur dan layu. Ia seperti air yang terus mengalir, memberi kesejukan dan kelegaan dalam selaksa penatnya siklus dunia.
Ia akan selalu menjadi pribadi yang mendengarkanmu ketika engkau berteriak, memelukmu ketika engkau dalam kesesakkan, menghapus air matamu dan menjadi sahabat dalam bahagiamu. Ia juga akan mengajarkan kepadamu tentang arti bertahan hingga kelimpahan.
Karena ajaranNya adalah cahaya dan perintahNya adalah pelita kehidupan. Dan Tuhan selalu menguji hati dan kedalaman batin.
PERMATA, selamat beribadah Minggu.

Post Terkait