Renungan Harian, 15 Oktober 2018
Lukas 7 : 47

Sebab itu Aku berkata kepadamu : Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.


Dalam Lukas pasal 7 ini bercerita tentang seorang perempuan yang membasahi kaki Yesus dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya (Lukas 7 : 38)
Air mata disini melambangkan sebuah ketulusan dan rambut selalu melambangkan mahkota yang artinya kehormatan. Artinya, perempuan berdosa ini menyerahkan kehormatannya di bawah kaki Yesus, untuk Yesus. Karena itu dosanya sudah banyak diampuni karena ia telah banyak berbuat kasih. Tentu saja semuanya itu dilakukan dengan ketulusan, karena Tuhan mengetahui kedalaman hati dan Ia mencintai orang yang tulus hatinya (Mazmur 73 : 1)
Kasih disini diartikan sebagai sebuah sikap untuk mampu menerima diri sendiri. Perempuan berdosa itu menerima dan menyadari betapa berdosa-nya ia, dan karena ia melakukan hal tersebut kepada Yesus, ia berbuat kasih dan karena itu dosanya yang banyak itu telah diampuni.
Renungan hari ini mengajak kita untuk melakukan dan menerapkan kasih dalam kehidupan kita, karena kita adalah sama seperti perempuan yang berdosa dalam kisah ini. Dosa kita telah banyak dihadapan Tuhan, karena itu banyak-lah berbuat kasih.
Menerima dengan apa adanya diri kita adalah salah satu bentuk kita berbuat kasih. Menyadari bahwa kita adalah pribadi istimewa ciptaan Tuhan dan apa yang ada di dalam diri kita semuanya adalah yang terbaik.

Post Terkait