Renungan Harian, 22 Januari 2019
Efesus 6 : 2 - 3

Hormatilah ayahmu dan ibumu. Ini adalah suatu perintah yang penting, seperti nyata dari janji ini : supaya kami berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Menghormati orangtua adalah sebuah kewajiban bagi setiap anak. Firman Tuhan hari ini mengatakan, ketika kita menghormati orangtua yaitu ayah dan ibu kita, maka panjang umur dan kebahagiaan akan menjadi milik kita.

Menghormati orangtua berarti memperlakukan mereka seperti raja. Raja akan selalu dihormati dan dilayani, memberikan semampu kita apa yang mereka kehendaki dan melayani mereka dengan sepenuh hati. Orangtua adalah Raja dan Tuhan Yesus adalah Raja diatas segala Raja.

Lalu bagaimana bila orangtua kita bukanlah orang yang takut akan Tuhan ?

Dalam Keluaran 20 : 12 dikatakan dalam sepuluh Perintah Tuhan, dalam perintah yang kelima, Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan Allahmu, kepadamu. Artinya, Tuhan memerintahkan kepada kita untuk menghormati orangtua, bagaimanapun keadaannya. Tuhan tidak berkata, hormatilah orangtua bila orangtua baik, sopan atau sebagainya, namun yang Tuhan katakan “Hormatilah” artinya dalam segala keadaan, kita tetap.harus menghormati orangtua. Bila orangtua adalah orang yang tidak takut Tuhan, kita tetap harus menghormati mereka, namun sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Kita tidak harus melakukan apa yang orangtua kita lakukan, jika yang mereka lakukan tidak seturut dengan kehendak Tuhan, namun menghormati mereka tetaplah harus dilakukan. Selanjutnya, berdoalah bagi mereka, berdoalah untuk pemulihan kehidupan mereka. Ini adalah salah satu cara melayani mereka.

Kata “di tanah” berarti berkat. Lalu apakah kalian tahu, berkat apa saja yang akan diberikan kepada Tuhan, jika kita melakuka perintah ini ?

Amsal 3 : 16 mengatakan Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. Inilah berkat Tuhan yang akan kita terima. Tidak hanya umur panjang, namun juga kekayaan dan kehormatan.

Lalu apakah konsekuensi jika kita tidak menghormati orangtua bahkan sampai mengukuti mereka ?

Sebab Allah berfirman : Hormatilah ayahmu dan ibumu dan lagi : Siapa yang mengukuti ayahnya dan ibunya pasti dihukum mati (Matius 15 :4).

Karena itu, hormatilah ayah dan ibu kita. Jika kita selama ini belum melakukannya, segera-lah berbalik kepada Tuhan dengan mematuhi perntah ini.

Post Terkait