Renungan Harian, 08 Desember 2018

Kolose 3 : 23

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukanuntuk manusia

Ada satu ungkapan yang mengatakan “The World is running straight” yang berarti dunia kita kini berjalan lurus. Yang artinya bahwa setiap kejadian di belahan dunia manapaun, akan dapat diketahui oleh masyarakat dunia dalam hitungan detik dan tidak perlu menunggu lama lagi. Hal ini juga berarti mengatakan bahwa satu satunya kepastian di dunia adalah perubahan. Dunia bisa berubah tetapi Tuhan Yesus tidak pernah berubah. KuasaNya, kemuliaanNya, kasihNya dan segalanya tentangNya tidak akan berubah.

Ayat ini adalah ajaran Rasul Paulus kepada jemaat di Kolose tentang pentingnya saling menghargai di dalam sebuah keluarga. Hubungan antara ayah ibu dan anak adalah hubungan yang seharusnya saling mengasihi. Dan biarlah setiap kasih yang kita beri adalah karena Tuhan sudah lebih dahulu mengasihi kita.

Bagaimana dengan kita PERMATA ? Sudahkah kita melakukan apa yang seharusnya anak lakukan kepada orangtua ? Saling menghormati, menyanyangi dan saling menghargai.

Dilema globalisasi zaman sekarang, keadaan dunia telah menjadikan kasih semakin menipis dan orang tidak lagi mengerti akan arti menghormati orangtua, namun Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita, untuk kita perbuat apa yang orang ingin perbuat kepada kita sebagai satu kesatuan di dalam keluarga. Jika ingin dihormati, maka hormatilah orangtua dan orang yang lebih tua, jika ingin disayangi, maka sayangilah terlebih dahulu. Lakukan semuanya dengan kesadaran bahwa cinta kasih Tuhan sudah terlebih dahulu ada bagi kita.

Post Terkait