Renungan Harian, 11 Maret 2019
Yosua 11

"Seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa, hambaNya itu, demikianlah diperintahkan Musa kepada Yosua dan seperti itulah dilakukan Yosua : tidak ada sesuatu yang diabaikannya dari segala yang diperintahkan Tuhan kepada Musa." (Yosua 11 : 15)
Yosua adalah pemimpin bangsa Israel yang membawa bangsa ini masuk ke tanah yang dijanjikan Tuhan kepada mereka, yaitu tanah Kanaan. Dalam perjalanannya memimpin bangsa Israel, Yosua adalah seorang pemimpin yang sangat patuh kepada perintah Tuhan. Ia secara langsung dipimpin oleh Tuhan, dalam merebut kota demi kota hingga seluruh Kanaan. Banyak raja-raja telah dikuasai oleh bangsa ini melalui pimpinan Yosua. Tuhan menyerahkan setiap kota dan wilayah kepada bangsa Israel, tepat seperti yang telah dijanjikan Tuhan.
Menjadi pelaku Firman dan tunduk sepenuhnya kepada Tuhan adalah sesuatu yang diinginkan Tuhan. Pada bagian sebelumnya, Tuhan mengingatkan Yosua untuk tidak kecut dan tawar hati. Dari kalimat ini, dapat diartikan bahwa sebagai manusia, Tuhan mengetahui hati Yosua. Tuhan mengerti betapa tujuan yang ingin Tuhan lakukan kepadanya secara manusia, kelihatan mustahil dan sangat berat baginya. Karena itu, berulangkali Tuhan mengatakan “kuatkan dan teguhkan hatimu, jangan kecut dan tawar hati”. Pilihan Yosua sangat tepat dengan percaya penuh kepada Tuhan. Tunduk kepada Tuhan dan akhirnya Yosua berhasil melakukan apa yang Tuhan ingin ia lakukan.
Bagaimana dengan kita ?
Hari ini, Firman Tuhan mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita tunduk kepada Tuhan, maka janji Tuhan yang murni akan menjadi milik kita. Seperti Yosua yang patuh kepada Tuhan dan akhirnya semuanya janji Tuhan digenapi dalam kehidupannya
Tuhan Yesus adalah Tuhan setia dan setiap janjiNya adalah ya dan amin. Ketika kita memilih tunduk kepada Firman Tuhan, maka Tuhan tidak akan pernah lalai memenuhi janjiNya, dan janji Tuhan adalah janji yang indah.
PERMATA, mari kita selalu mengingat jani Tuhan yang begitu indah dalam hidup kita, menjadi penyemangat dalam kita menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Post Terkait