Renungan Harian, 20 Juli 2019
Roma 10 : 9 - 13

"Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan."

Mengaku percaya tanpa menjadi pelaku firman tidaklah cukup. Mengaku percaya tetapi masih saja demen melakukan hal hal duniawi dan hidup di dalamnya, tidak benar. Mengaku percaya, namun masih saja doyan hidup dalam dosa dan pelanggaran terhadap hukum Allah, tidaklah baik.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa mengaku Yesus adalah Tuhan, percaya dengan hati, maka kamu akan diselamatkan. Jadi, mengaku Yesus dengan mulut dan harus ada percaya dengan hati dahulu, maka kamu akan diselamatkan. Jadi, menjadi anakNya Tuhan bukan hanya asal-asalan mengaku saja, padahal hatinya menjauh dari Tuhan.

Tuhan lebih lanjut katakan “Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.”

Menjadi anak Tuhan itu harus mengerti apa yang benar, percaya kepada yang benar dengan begitu kita akan mengaku Yesus adalah Tuhan, selanjutnya kita melakukan apa yang benar, maka kita akan diselamatkan. Dan yang benar dan menjadi kebenaran sejati itu adalah Firman Tuhan, karena Firman Tuhan adalah perkataan – perkataan Tuhan yang merupakan Roh yang memberi hidup. Firman Tuhan itu adalah Allah sendiri dan Allah itu adalah Tuhan Yesus.

Teman, jangan menggampangkan arti ‘percaya’ kepada Yesus dengan hanya mengaku dengan mulut lalu tidak ada buah perbuatan dalam kehidupan. Keselamatan yang diberikan Tuhan kepada kita memang cuma cuma dan itu adalah sebuah anugerah, tapi jangan menjadikan arti keselamatan yang mahal itu menjadi sebuah hal yang murahan, karena Tuhan tetaplah Tuhan dan Dia adalah mulia adanya.

Mengaku percaya dengan mulut dan percaya dengan hati bahwa Yesus adalah Tuhan harus berbuah dalam tindakan yang menghasilkan buah kehidupan bagi orang lain,dan hanya di dalam Yesus kita dapat melakukannya. Diluar Yesus, kita tidak akan mampu berbuat apa-apa.

Post Terkait