Renungan Harian, 21 Agustus 2019
Roma 10 : 1 - 21

“Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.” (Roma 10 : 9 – 10)

Syalom, semangat pagi PERMATA!

Surat dari rasul Paulus hari ini mengisahkan tentang kesaksiannya tentang Tuhan Yesus yang disampaikan kepada jemaat di Roma. Jemaat pada saat ini sudah percaya kepada Yesus namun mereka belum menemukan pengertian yang benar (ayat 2), karena ada kecenderungan mereka melakukan hukum Taurat tanpa percaya bahwa Yesus sendirilah yang telah menjadi kegenapan hukum Taurat.

Paulus menegaskan bahwa setiap orang yang mengaku dengan mulutnya dan percaya dalam hatinya bahwa Yesus adalah Tuhan akan diselamatkan. Karena ketika kita percaya dengan hati bahwa Yesus adalah Tuhan, maka kita akan dibenarkan di dalam Yesus. Hanya di dalam Yesus ada jalan kebenaran dan hidup (Yohanes 14 : 6). Dan Firman itu sangat dekat, sedekat mulut. Sedekat itulah Firman dengan iman kepada Yesus. Dikatakan juga, bahwa selain dibenarkan dan diselamatkan, setiap orang yang percaya dengan Tuhan Yesus tidak akan mendapat dipermalukan.

Selanjutnya, Paulus juga menegaskan bahwa di dalam Yesus, kita semua adalah sama. Sama menjadi anak Tuhan yang tidak akan membedakan suku, ras dan golongan, orang miskin maupun kaya karena Yesus adalah Tuhan bagi semua orang yang percaya kepadaNya. Tuhan sendiri juga tidak memandang setiap anakNya menurut pandangan dunia melainkan Tuhan melihat dan menyelidiki hati.

Mendengar dan meneladani serta mengikut Yesus sebagai Tuhan adalah sebuah pemberitaan baik. Kabar baik bagi dunia karena telah datangnya Juruselamat yang sudah menyelamatkan manusia dari segenap dosa. Dan percaya kepada Yesus harus dengan Iman, dan iman kepada Yesus  timbul dari pendengaran akan Firman Kristus.

Yesus Kristus adalah Tuhan yang dapat ditemukan kapan saja dan dimana saja. HadiratNya dalam Roh kudus akan memampukan kita untuk mengerti dan dibukakannya rahasia Firman Tuhan. Dan setiap saat Tuhan mengulurkan tanganNya kepada kita, untuk selalu datang kepadaNya.

PERMATA, percayalah kepada Yesus dengan iman, yang timbul dari pendengaran akan Firman di dalam Kristus.

Post Terkait