Renungan Harian, 29 Januari 2019
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, 
yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!

1 Korintus 10 : 13 – 14

Kitab 1 Korintus 10 mengingatkan kita kepada bangsa Israel yang kata Tuhan adalah bangsa yang tegar tengkuk (Keluaran 33 : 5). Dalam kepemimpinan Musa, bangsa Israel sering sekali merasa tidak puas di dalam perjalanan mereka ke tanah perjanjian. Sekalipun Allah telah memilih membebaskan bangsa ini,  tidak lantas membuat mereka mengikut Tuhan seratus persen. Mereka melakukan apa yang dilanggar oleh Tuhan diantaranya penyembahan berhala, percabulan, mencobai Tuhan dan bersungut sungut. Kesemuanya ini membawa kebinasaan bagi mereka sendiri (1 Korintus 10 : 9-11).

Seperti bangsa Israel, sering sekali perasaan tidak puas juga menyelimuti hati setiap anak Tuhan yang terkadang menjadikan anak Tuhan menjadi anak yang suka menuntut Tuhan dan berusaha mengerjakan apa yang menjadi kapasitas dan otoritas Tuhan. Mereka mengandalkan kekuatannya sendiri.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada kita, belajar dari bangsa Israel, untuk tidak melakukan hal-hal yang diluar Firman Tuhan demi mencapai suatu tujuan dalam kehidupan. Tidak menjadi penyembah berhala, tidak melakukan percabulan, tidak mencobai Tuhan dan tidak bersungut sungut, sebaliknya Firman Tuhan katakan dalam Amsal 3 : 5 “Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersadar kepada pengertianmu sendiri”.

Dalam menghadapi pergumulan dan masalah, tetaplah percaya kepada Tuhan. Tidak ada masalah yang terlalu berat jika kita memilih berserah kepada Tuhan. Ia adalah pemilik segala-galanya. KasihNya kepada manusia tidak pernah terbatas. Ia adalah Tuhan yang tidak pernah menyerah untuk kita. Firman Tuhan katakan, ketika pencobaan datang dalam bentuk masalah, pergumulan atau apapun itu, Tuhan berjanji bahwa Ia juga akan memberikan kepada kita jalan keluar sehingga kita dapat menaggungnya. Jadi, jangan pernah menyerah.

Yuk PERMATA, percayalah kepada Firman ini dan tetaplah setia melakukan bagian kita di dalam kehidupan, maka Firman Tuhan itu sendiri yang akan membakar semua masalah kita. Jangan pernah lakukan apa yang menjadi otoritas Tuhan, karena kita tidak akan sanggup.

Post Terkait