Pernah ga sih kamu merasa kesal sama teman? Mungkin hal ini adalah hal yang normal yah sesekali dalam sebuah hubungan pertemanan. Tapi pernah ga kamu secara terus menerus kesal sama teman kamu? Nah.. Kalau kamu pernah merasa kesal secara terus menerus, mungkin ada yang harus kamu perhatikan nih. Jangan jangan mereka memang bukan teman yang baik?

Punya seorang teman yang tidak baik dan berada di lingkup pergaulan yang buruk itu bukan sesuatu yang bisa membuat kamu menjadi lebih baik loh. Tapi tenang aja, ternyata ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali, agar kamu bisa memilah dan memilih teman yang patut kamu pertahankan, dan mana yang harus kamu kurangi interaksinya karena memang mereka bukanlah teman dan bukan termasuk dalam kategori pergaulan yang baik buat kamu.

Kamu coba liat yuk, apa sih ciri-ciri dari teman yang tidak baik dan pergaulan yang buruk yang harusnya kamu hindari?

  1. Selalu berbicara dan ngomongin orang lain di media sosial

Media sosial mungkin sesuatu yang umum dan bukan lagi jadi hal yang spesial ya, tapi kamu juga bisa liat loh kalau memang isi dari media sosial mereka adalah ngomongin yang buruk tentang orang lain dan selalu marah-marah, bisa jadi mereka bukan teman yang baik loh buat kamu. Selain bisa membawa pengaruh buruk, kamu juga tidak dapat berkembang karena isinya ngomongin orang aja terus, gimana mau berkembang? Nah, kalau kamu punya teman yang seperti ini, coba dikurangi intensitas bertemannya deh.

  1. Mereka selalu komplain

Nah, punya teman yang negative terus isinya juga cape ga sih? Apalagi kalau mereka selalu komplain akan hal-hal kecil.  Memang sih, mengeluh akan sesuatu itu hal yang normal, tapi kalau mereka komplain karena hal-hal kecil yang sebenarnya ngga terlalu masalah, ini nih yang harus jadi catatan.

  1. Seperti teman baik saat baru kenal

Ini mungkin akan membuat kamu bingung. Loh, bukannya bagus ya punya teman baik di saat baru kenal? Ternyata nggak loh. Ketika baru kenal ternyata mereka sudah cerita panjang lebar sama kamu, dan memaksa kamu untuk cerita juga semua tentang hidup kamu. Hal ini boleh jadi sesuatu yang perlu kamu perhatikan. Karena kalau mereka aja bisa mengangap kamu teman baik dalam waktu yang cepat, mereka juga bisa loh memutuskan pertemanan dalam waktu yang cepat juga. Memang sih, nggak semuanya kaya gitu, tapi patut kamu catat dan kamu ingat, jadi kamu bisa berhati-hati nantinya.

  1. Bercanda dan mempermalukan kamu di depan orang lain

Wah ini sih udah keterlaluan yah! Tapi ada loh, beberapa orang yang rasanya baik dan sangat pengertian saat bersama dengan kamu berdua aja sebagai teman, tapi ketika bertemu sama orang lain dan kamu sedang berada bersama mereka, mereka tiba tiba jadi teman yang selalu mempermalukan kamu, bisa dengan cara menceritakan hal yang memalukan tentang kamu, atau menertawakan kamu di depan orang lain. Teman kaya gini mending langsung dijauhin aja ya!

  1. Selalu membatalkan acara

Nah ini juga, ketika mereka membutuhkan kamu, mereka menjadi yang paling cepat untuk mencari kamu. Tapi kalau pas kamu yang sedang butuh, dan kamu mengajak mereka untuk pergi, mereka selalu punya alasan dari A-Z. Teman kaya gini cuma akan mencari kamu saat mereka butuh aja.

Setelah membaca beberapa tanda teman dan pergaulan yang buruk, apakah kamu merasa bahwa ada teman kamu yang memang adalah pergaulan buruk? Coba dipikir-pikir lagi ya. Jaman sekarang kita butuh teman yang membangun kita dan bukan teman yang memberi pengaruh buruk, loh! (AB)

Sesudah baca ini, yuk Baca Alkitab dari Kitab 1 Korintus 15:33.

Post Terkait