Renungan Harian, 05 September 2019
Lukas 6 : 43 - 45

"...karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya"
Syalom, semangat pagi PERMATA !!
Injil Lukas pada hari ini memberikan penjelasan kepada kita, bahwa seseorang kelihatan dari buahnya. Pohon yang dimaksud adalah berbicara tentang kita dan buah yang dimaksudkan adalah berbicara tentang sesuatu yang kita lakukan dalam kehidupan. Pertama, dikatakan bahwa pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik. Ketika kita hidup dan menghidupi Firman Tuhan dalan kehidupan, maka kita akan dimampukan menghasilkan buah yang baik dalam kehidupan. Buah yang baik adalah kita mampu menjadi pelaku Firman dalam kehidupan.
Kedua, dikatakan dari semak duri tidak akan menghasilkan buah ara dan dari duri tidak akan memetik anggur. Artinya, bila dasar kita adalah sesuatu yang jahat, tidak akan mungkin kita menghasilkan kebaikan. Namun bila dasar kita adalah Firman Tuhan yang berbuah dalam kehidupan, maka hasilnya akan manis. Tidak ada katanya orang yang mengaku melakukan firman Tuhan bila ia selalu melakukan kejahatan dalam hidupnya.
Ketiga, dikatakan apa yang diucapkan dari mulut, meluap dari hati. Jelas sekali. karena itu Tuhan katakan dalam FirmanNya “Hendaklah kata-katmu senantiasa penuh kasih..” (Kolose 4 : 6).
PERMATA, Firman Tuhan ini merupakan ajakan untuk berbuah dalam kehidupan, baik dari sikap, sifat dan perkataan yang keluar dari mulut kita, karena tidak ada yang katanya orang dekat dengan Tuhan tanpa menghasilkan buah bagi kehidupan, demi kemuliaan nama Tuhan. Tuhan katakan, Firman ini adalah dua macam dasar, yang artinya ini hanyalah bagian yang harus menjadi landasan.
Bila dasar yang menjadi landasan kita tidak miliki, bagaimana mungkin kita mengerti lebih dalam lagi tentang Firman Tuhan.
Yuk, kita terus sama-sama belajar bertumbuh.

Post Terkait