Selalu Ada Kristus Ditengah Krisis

Renungan Harian, 23 Januari 2019

Yohanes 2 : 1 – 11

Kepanikan bisa terjadi pada siapa saja. Terlebih pada saat orang menghadapi krisis. Misalnya pada tanggal tua  ketika uang mulai menipis. Beda dengan tanggal muda. Tanggal muda tidak dianggap sebagai tanggal krisis. Tanggal muda menjadi tanggal yang ditunggu banyak pegawai karena pada saat tanggal muda, pundi- pundi   terisi.   Gajian, bayaran, begitulah istilah yang lazim. Bagi sebagian besar orang, hidup menjadi tenang penuh sukacita pada tanggal muda. Namun sebaliknya, saat di atas tanggal 15 setiap bulannya, masihkah ketenangan dan sukacita itu ada? Lalu mau apa? Menyerah, berdoa dan berserah, mencari hutangan atau menata kebutuhan dengan lebih bijak lagi? Atau bagaimana?

Masalah krisis anggur di pesta perkawinan ini pasti menimbulkan rasa malu, jika apa yang mereka hidangkan tidak lengkap, bahkan habis. Anggur merupakan suatu kewajiban di pesta perkawinan orang Yahudi. Bagi mereka, anggur melambangkan dan membangkitkan rasa sukacita. Ketika mereka kehabisan anggur, maka sukacita itu bisa hilang dalam suasana pesta itu. Pesta yang seharusnya menjadi alasan untuk bersukacita, malah menjadi alasan untuk malu.

Krisis bisa selalu mewarnai kehidupan manusia. Tetapi mari kita fokus bukan pada krisis hidup kita, tetapi pada Kristus yang selalu hadir dalam segala situasi, termasuk dalam krisis. Ketimbang kita fokus pada krisis hidup, baiklah kita fokus pada Kristus, yang memberikan berkat dalam hidup. Ketika kita fokus pada menghitung berkat, bukan menghitung masalah atau krisisnya, kita akan kagum oleh kasih Allah.

Mujizat pada pesta perkawinan di Kana ini adalah mukjizat yang pertama yang dilakukan Tuhan Yesus Kristus. Ini dapat dipahami sebagai tanda bahwa sebuah perkawinan atau pembentukan rumah tangga itu diperhatikan oleh Tuhan. Ia menyertai setiap rumah tangga dan mencukupkannya. Maka yang lebih baik, hitunglah karya dan berkat Tuhan dalam keluarga kita daripada menghitung masalah dalam keluarga kita. (AB)

Post Terkait