Syalom, salam Mejuah – Juah PERMATA GBKP..!

Tidak terasa hampir tiga bulan sudah MUPEL PERMATA GBKP berlalu. Dan inilah cerita dari MUPEL PERMATA GBKP.

MUPEL merupakan singkatan dari Musyawarah Pelayanan. Dalam PERMATA GBKP MUPEL dilakukan sekali dalam empat tahun. Adapun tujuan dari MUPEL adalah untuk mendengar, menilai, mensahkan/ tidak mensahkan pertanggungjawaban Pengurus Pusat PERMATA GBKP, Menyusun dan Menetapkan program umum PERMATA GBKP dan Rencana Strategis (Renstra) PERMATA GBKP, Menetapkan Pokok-Pokok Peraturan Rumah Tangga (P3RT) PERMATA GBKP dan Memilih Pengurus Pusat PERMATA GBKP. (Arahan P3RT Bab V Pasal 20).

Dan di tahun 2018, pesta Demokrasi PERMATA GBKP yang ke XXI kali ini dilaksankan pada hari Jumat – Minggu, 22 – 24 Juni 2018 bertempat di Retreat Centre Sukamakmur, yang dihadiri oleh sekitar delapan ratus PERMATA dari seluruh wilayah Indonesia.

Pada hari Jumat, pukul delapan pagi, registrasi ulang dimulai. Bertempat di Gedung Penunjang Retreat Centre Sukamakmur, panitia yang sudah siap sedia menyambut perwakilan PERMATA dari seluruh Indonesia tidak pernah lupa untuk tersenyum. Teknis registrasi ulang dilakukan oleh setiap perwakilan Klasis dari seluruh Indonesia yang disambut oleh seksi Kesektariatan Panitia MUPEL XXI PERMATA GBKP. Hal yang dilakukan dalam tahap ini adalah perwakilan dari setiap PERMATA Klasis mendaftarkan ulang jumlah seluruh peserta dalam Klasis-nya serta melunasi kontribusi yang telah disepakati sebelumnya. Ada hal yang menarik pada proses registrasi ulang kali ini. Ketua Panitia MUPEL XXI PERMATA GBKP, abang kita Sura Kencana Perangin – Angin, menyambut seluruh PERMATA yang hadir dengan kata pengalo – ngalo serta memberikan penjelasan tentang perjalanan MUPEL XXI PERMATA GBKP yang akan dilaksanakan, lengkap dengan beka buluh dan bulang, sebuah tampilan khas suku Batak Karo. Pada akhir acara tahap awal ini, panitia tidak lupa membagikan air mineral serta cimpa, makanan yang masih khas suku Batak Karo.

Pada pukul 19.30 wib, acara pembukaan MUPEL XXI PERMATA GBKP dimulai. Berbagai rangkaian acara dipersembahkan, dimulai dari pujian penyembahan kepada Tuhan  hingga penampilan yang merdu dari rekan – rekan yang tergabung dalam team paduan suara Bethlehem Choir PERMATA GBKP KM 7. Pdt Rehpelita Ginting, pelayan Tuhan yang membawa sharing firman Tuhan dalam Kebaktian Pembuka, kembali menegaskan pentingnya PERMATA untuk menjadi “surat yang terbuka” sehingga setiap orang yang melihat dan  membaca mampu mengenal dan mencintai Tuhan.

Setelah Ibadah Kebaktian Pembuka selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi MUPEL XXI PERMATA GBKP oleh Sekretaris Umum Moderamen GBKP, Pdt. Rehpelita Ginting yang ditandai dengan pemukulan gong yang ada di podium aula utama (Jambur RC). Walau dengan waktu yang sedikit terlambat dari jadwal, namun antusias peserta cukup tinggi dalam mengikuti acara. Dan sesuai dengan kesepakatan bersama, maka pada hari pertama, Sidang Paripurna I selesai dilakukan dengan hasil pimpinan sidang yang terpilih adalah Edward Pranata Surbakti (Klasis Kabanjahe Tiga Panah), Abednego Terkelin Bangun (Klasis Pematang Siantar), Ardi Barus (Klasis Medan Pembangunan Deli Tua), Edi Suranta Sitepu (Klasis Jakarta Kalimantan) dan Manartha Ginting (Klasis Munthe). Kemudian acara ditutup dengan renungan malam.

Matahari kembali membuka sinarnya pada pagi di hari kedua acara MUPEL XXI PERMATA GBKP. Peserta kembali melakukan persiapan untuk kembali mengikuti kelanjutan Sidang Paripurna. Dimulai dengan saat teduh dan persiapan pribadi, sebelum sidang berlangsung, peserta disungguhkan dengan sarapan pagi. Ada yang menarik pada Sidang MUPEL XXI PERMATA GBKP kali ini. Dalam luasnya lapangan hijau yang terletak di depan Jambur Retreat Centre Sukamakmur, ternyata panitia membuka stand dengan tujuh topik yang merupakan kebutuhan PERMATA dalam mencari informasi. Stand ini ditujukan untuk menambah wawasan PERMATA tentang seputar dunia PERMATA, GEREJA dan kawula muda. Adapun stand yang ditawarkan adalah stand Acara PERMATA GBKP kreatif, stand Hubungan pengurus PERMATA Runggun dengan BPMR & Kategorial lainnya, stand Informasi, stand Kepribadian, stand Pengurus yang cinta damai, stand Narkoba dan stand Budaya karo. PERMATA dapat mencari informasi sangat mudah, dengan hanya langsung datang ke stand tujuan dan dengan senang hati panitia melayani setiap pengunjung yang datang.

Kemudian, dalam Sidang Paripurna II berbagai pertanyaan dan jawaban serta penjelasan dikemukakan antara peserta dan pengurus PUSAT PERMATA GBKP. Sidang yang membahas tentang kinerja pengurus PUSAT PERMATA GBKP ini menghabiskan waktu dari pagi hingga sore hari. Dan pada akhirnya, Sidang Paripurna II menghasilkan pandangan umum. Dari dua puluh enam Klasis yang hadir, tiga klasis menerima dengan baik dan dua puluh tiga klasis menerima dengan catatan diperbaiki (direvisi). Hal yang paling menarik yang dapat dijadikan sebuah catatan atau masukan pada saat sidang Paripurna II adalah tentang kemampuan yang harus ditingkatkan oleh pengurus PUSAT PERMATA GBKP untuk membangun jaringan dan kerjasama dengan pihak eksternal secara lebih luas lagi.

Malam harinya, Sidang Paripurna III berlanjut dengan topik Sidang Komisi. Peserta dibagi ke dalam tujuh Komisi yaitu komisi UMUM yang memilih berdiskusi di Jambur bagian depan, komisi P3RT berdiskusi di Jambur bagian belakang, komisi PEMBINAAN di depan ruang makan utama, komisi PARTISIPASI di depan Jambur (bagian luar), komisi Panitia Khusus (PANSUS) di sebelah kanan Jambur (bagian Luar), komisi  Keuangan dan komisi Konsolidasi. Begitu banyak hal yang dibahas dalam masing-masing Sidang Komisi sehingga waktu yang sudah larut tidak mengurangi semangat PERMATA untuk berdiskusi dalam Sidang Komisi. Sekitar pukul dua pagi, peserta Sidang kembali berkumpul ke dalam ruang Sidang dan berdasarkan keputusan bersama, maka pada hari kedua ditutup dengan Sidang Komisi, kemudian dilanjutkan dengan renungan malam dan peserta kembali beristirahat.

Hari ketiga, yang merupakan kebersamaan di hari terakhir MUPEL XXI PERMATA GBKP dibuka dengan saat teduh di masing- masing ruangan peserta. Setelah persiapan pribadi dan sarapan pagi, para peserta perlahan memasuki ruang Sidang untuk melanjutkan persidangan. Sidang Paripurna III dilanjutkan dengan topik pembahasan Sidang Komisi hingga penyerahan hasil Sidang Komisi. Setelahnya, saat yang paling ditunggu akhirnya tiba. Puncak acaranya, Sidang IV MUPEL XXI PERMATA GBKP dilanjutkan dengan Pemilihan Pengurus PUSAT PERMATA GBKP periode 2018 – 2022. Pemilihan di UMUM dilakukan dengan sistem langsung tertutup sementara sistem formateur dilakukan pada saat pemilihan bidang. Suasana pada saat pemungutan suara sedikit lebih serius namun tetap kondusif dan terkendali hingga tercapainya keputusan akhir. Selanjutnya, dilaksanakan Sidang Paripurna V dan kebaktian penutup dan pelanitkan Pengurus PUSAT PERMATA GBKP periode 2018 – 2022.

Adapun hasil Keputusan Sidang Paripurna IV tentang susunan Kepengurusan Pengurus PUSAT PERMATA GBKP dapat dilihat dalam kolom Profile Team.

Akhir kata, biarlah kemuliaan nama Tuhan tetap menjadi yang utama dalam Perayaan pesta demokrasi PERMATA GBKP kali ini. Lewat MUPEL XXI PERMATA GBKP, PERMATA dimampukan untuk menjadi surat yang terbuka, yang memberitakan kabar baik dan menjadi pelayan yang sesungguhnya di hadapan Tuhan. Menjadi pelayan yang selalu berlindung dibalik salib Kristus, sehingga dalam setiap pelayanan kita, bukan kita melainkan nama Tuhan Yesus yang semakin dimuliakan (Galatia 2 : 20)

Tuhan Yesus memberkati..!

Dokumentasi MUPEL XXI – PERMATA GBKP, klik disini.

source : Panitia MUPEL XXI – PERMATA GBKP

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.