Renungan Harian, 27 April 2019
Amsal 13 : 13

"Siapa meremehkan Firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan"
Firman Tuhan yang termuat dalam Alkitab bukanlah hanya tulisan biasa, tetapi Firman Tuhan adalah tulisan yang diilhamkan Allah (2 Timotius 3 : 16) dan apa yang berasal dari Allah, adalah sebuah kebenaran sejati. Karena itu Firman Tuhan selalu mengandung kuasa dari Tuhan.
Sebagai orang percaya, dalam perjalanan kehidupan, Firman Tuhan selalu saja menerangi setiap jalan kita, memberi pengajaran yang benar, menegur hingga mendidik kita di dalam kebenaran. Firman Tuhan yang menguatkan kita ketika kita lemah, dan penerang sehingga kita tidak terjatuh.
Meremehkan Firman mengindentikkan tidak peduli dengan Firman. Meremehkan Firman berarti sudah tahu kebenaran tetapi tidak mau menuruti jalan yang benar dan memilih jalan untuk menyenangkan hawa nafsu duniawi. Meremehkan Firman berarti menganggap enteng Firman, tidak menjadi pelaku Firman dan kehidupan yang hanya mengandalkan akal pikir, tidak menghormati dan tidak mau diatur oleh Firman Tuhan, padahal Firman Tuhan akan membawa kita kepada kehidupan yang kekal. Namun seringsekali manusia memilih jalan pintas yang enak bagi dunia namun tanpa ia sadari, jalannya menuju kebinasan akan membawanya kepada kematian kekal.
Meremehkan Firman berarti kita telah berbuat dosa dan akibatnya adalah seseorang yang meremehkan Firman akan jatuh ke dalam kegelapan yang sungguh teramat kelam.
Hanya Firman Tuhan yang dapat memberi hikmat dan yang akan menuntun kita kepada keselamatan oleh iman kepada Yesus Kristus. Karena Tuhanlah yang memberi hikmat dan dari mulutNya datang pengetahuan dan kepandaian. Dan kita akan mendapat pengertian takut akan Tuhan dan mendapat pengenalan akan Allah. Itulah yang akan menyegarkan jiwa dan memenangkan hati. Hanya Tuhan Yesus dalam FirmanNya yang sanggup memberi kita kelegaan di tengah kemelut dunia yang semu. Jadi, carilah jalan kebenaran dan jangan tersesat ke dalam jalan yang buntu dan berujung neraka.
Kata Tuhan, setiap orang yang meremehkan Firman, akan menanggung akibatnya, yaitu berujung kematian kekal. Tetapi siapa yang taat pada peritah akan menerima balasan. Balasan yang dimaksud adalah upah kemenangan yang akan membawa kita kepada kehidupan kekal bersaama dengan Tuhan kita.

Post Terkait