Renungan Harian, 13 Mei 2019
Mazmur 102 : 2

"Tuhan dengarkanlah doaku, dan biarlah teriakku minta tolong sampai kepadaMu."

Kisah Para Rasul 10 : 1 - 8

Dalam Kisah Para Rasul 10, diceritakan tentang seorang yang bernama Kornelius, seorang tentara Italia tetapi hidupnya berkenan kepada Tuhan. Dari beberapa hal ada yang menarik yang dapat disimpulkan :

Kornelius adalah orang yang saleh (ayat2). Dan ciri ciri orang saleh adalah :

  1. Takut akan Tuhan (artinya melakukan perintahNya dan menjauhi segaallaaaa laranganNya)
  2. Memberi banyak sedekah
  3. Senantiasa berdoa kepada Allah

Ketiga hal ini tidak dapat dipisahkan dari diri Kornelius, bahkan bukan hanya ia tetapi seisi rumahnya juga adalah orang orang yang takut akan Tuhan.

Dalam ayat yang 4 dijelaskan bahwa segala doamu dan telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.

Berarti apa yang dilakukan Kornelius sebagai orang saleh berkenan di hadapan Tuhan, karena itu segala doanya telah naik.ke hadirat Tuhan. Pelajaran yang bisa dipetik adalah ketika kita berdoa kepada Tuhan, kehidupan kita juga HARUS berkenan di hadapan Tuhan, baru doa itu sampai kepada Tuhan, artinya kita tidak hanya berdoa saja tetapi harus juga menjadi pelaku firman dalam kehidupan. Dan ketika kita berdoa, kita harus berdoa di dalam Roh dan Kebenaran (Yohanes 4 : 24) merasakan kehadiran Roh Kudus dalam doa kita karena Roh Kuduslah yang membantu kita untuk berkata kata kepada Allah dan dalam doa kita juga memperkatakan kebenaran yaitu Firman Tuhan.

Keluarga kristen adalah keluarga yang harusnya tekun berdoa dan membaca Firman. Keluarga kristen tentu saja adalah keluarga yang melayani Tuhan, namun terkadang keadaannya tidak seperti itu. Ayah sibuk dengan urusan pekerjaannya begitu juga dengan ibu. Satu rumah tetapi tak saling tegur sapa, saudara yang memiliki sifat duniawi dan tidak takut Tuhan, belum lagi pergumulan demi pergumulan. Zaman sekarang, ada banyak keluarga bukan lagi menjadi tempat ternyaman yang dimiliki, malah terkadang menjadi tempat yang ingin dijauhi.

Bila keadaan seperti ini sedang menimpamu, jangan pernah goyah dan tetaplah berdoa senantiasa, karena aka nada saatnya Tuhan menjawab setiap kerinduanmu dalam berkatNya yang berkelimpahan.

1 Tesalonika 5 : 16 – 18 mengatakan :

  1. Bersukacitalah senantiasa (ayat 16)
  2. Tetaplah berdoa (ayat 17)
  3. Mengucap syukurlah dalam segala hal (18)

Post Terkait