Renungan Harian, 01 September 2019
Yesaya 40 : 31

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru, mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah."

Syalom, semangat pagi PERMATA, selamat hari Minggu dan selamat beribadah!

Pagi ini, penulis ingin berbagi bersama dengan ayat sungguh melegakan hati. Kunci dari ayat ini adalah sebuah kekuatan baru, Setiap orang yang selalu mengandalkan Tuhan dalam kehidupannya, apapun keadaan yang sedang menimpanya, akan selalu mendapat kekuatan baru. Lalu apa maksud kekuatan baru tersebut ?

Kekuatan yang ada di dalam diri kita memang tidaklah nampak secara nyata. Kekuatan itu adalah sebuah rasa yang berbuah dalam kehidupan nyata di dalam kehidupan. Sebagai manusia, ada kalanya kita merasa lelah dan letih menjalani kehidupan ini. Raga dan hati memang bisa melemah, tetapi ketika kita melemahkannya bersama Tuhan, yang artinya walau apapun yang terjadi, namun waktu dan konsitensi kita untuk Tuhan tidak berkurang, maka iman dari dalam hati kita akan berkata “Aku pasti bisa” atau “Semua pasti akan terlewati dengan baik bersama Tuhan”. Keyakinan ini akan memberikan kekuatan kepada kita untuk mampu tetap bersyukur dalam kehidupan, karena Firman Tuhan katakan “Bersyukurlah senantiasa.”

Ketika kita merasakan hari-hari belakangan ini banyak sekali konflik yang terjadi di dalam kehidupan kita, yang terkadang menjadikan kita semakin melemah, kita diingatkan akan Firman Tuhan hari ini bahwa akan ada kekuatan baru untuk kita ketika kita memilih berserah kepada Tuhan. Berserah  kepada Tuhan mengindikasikan bahwa kita benar-benar menyerahkan keputusan akhir kepada Tuhan. Percayalah, tiba di waktuNya Tuhan, maka semua akan selesai dengan caranya yang ajaib. Hanya saja, jangan pernah mengurangi instensitas kita dengan Tuhan dan membangun hubungan pribadi dengannya serta menjadi pelaku Firman yang benar dalam kehidupan.

Ketika pergumulan yang terjadi terlalu berat atau kaki kita seakan sulit melangkah, Firman Tuhan hari mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita memilih untuk tidak menyerah bersama Tuhan, Tuhan akan membawa kita terbang bagaikan rajawali yang terus naik, bahkan ketika kehidupan kita menuntut kita untuk berlari, Tuhan tidak akan membuat langkah kita menjadi lesu dan ketika kita melangkah, Tuhan tidak akan menjadikan kaki kita menjadi lelah.

PERMATA, yuk sama-sama kita belajar dan merenung sebentar. Sampai di titik kehidupan kita hingga di pagi ini, bukankah sudah banyak persoalan, pergumulan dan tantangan yang berhasil kita lewati ? Bolekah kita merenung sejenak, sudah berapa banyak saat-saat terberat yang mampu kita lewati dengan sangat baik ? (ketika kita disakiti, disepelekan, dikhianati, dsb). Lalu, bolehkah kita merenung bahwa semua kekuatan itu datangnya dari Tuhan kita, Yesus Kristus. Bukankah akan selalu ada kekuatan dan jalan keluar yang mungkin tidak pernah kita pikirkan ketika semuanya terjadi ?

Bila kita mampu menyadari semua hal itu, cobalah sejenak tutup matamu dan dengan tersenyum, katakan Terima Kasih Tuhan.

Teman, setiap hal yang terjadi dalam hidup kita itu semua karena penyertaan Tuhan. Karena itu, tetaplah percaya kepada Tuhan Yesus dan jangan goyah. Tuhan katakan, walau seribu rebah di kiriku, Tuhan Yesus akan tetap menjadi Allah penolong kita. Walau sepuluh ribu rebah di kananku, katakan pada dirimu “Bersama Tuhan, aku tidak akan goyah”

PERMATA, tetaplah bersemangat dan jangan lupa untuk tersenyum sukacita hari ini.

Post Terkait