PERMATAGBKP.org, Tim Mahanaim – Kita tahu bahwa PERMATA GBKP adalah satu-satunya persekutuan bagi ngawan GBKP yang belum menjadi Mamre atau Moria. Dengan kata lain, PERMATA GBKP dipenuhi dengan orang-orang usia muda dan melakukan pelayanan sesuai kebutuhannya untuk menyatakan Kerajaan Allah. PERMATA GBKP sendiri mengerjakan banyak hal yang untuk memahami panggilannya sebagai seorang Muda Kristen. Sama halnya dengan Badan Pekerja Majelis, PERMATA GBKP juga merupakan pelayanan berjenjang dari Sinode, Klasis, Runggun bahkan ke Sektor/Perpulungen. Untuk mengerjakan panggilan yang banyak ini, PERMATA GBKP dilengkapi dengan susunan pengurus dan tim/badan/komisi yang dibentuk pengurus tersebut untuk membantu jalannya pelayanan seperti, Tim Mahanaim, Komisi Teologia, Tim KTB, Tim Lingkungan Hidup, Komisi Tanggap Bencana, Badan Usaha dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini, secara khusus untuk lebih mengenai Tim Mahanaim PERMATA GBKP.

Mahanaim PERMATA GBKP awalnya adalah sebuah gerakan pelayanan yang diprakarsai oleh beberapa PERMATA GBKP di sekitaran Bandung yang dari segi usia dan pekerjaan dianggap mapan dan berpikir mandiri. Mereka menyadari bahwa berkat yang mereka terima dari Allah tidak boleh berhenti pada mereka saja. Mereka sadar bahwa Program PERMATA GBKP sudah diatur dengan baik begitu pula dengan anggarannya. Oleh karena itu, kelompok ini tumbuh menjadi mandiri dari segi finansial dan tidak terpisahkan dari PERMATA GBKP. Semangat ini dibawa dan diteruskan oleh tiap anggota ke tempat mereka masing-masing. Di Medan sendiri, Mahanaim dibentuk oleh prakarsa dari Nomi br Sinulingga, MT,M.Th., Yanti br Sembiring, Sabrina br Bangun, Sri Menda br Ginting dan beberapa PERMATA GBKP lainnya yang merindukan adanya persekutuan dan pelayanan bagi PERMATA GBKP yang sudah masuk dalam tahapan pola pikir dan tingkat kedewasaan yang lebih matang dibandingkan PERMATA GBKP pada umumnya. Barulah pada Musyawarah Pelayanan PERMATA GBKP tahun 2010, kelompok ini menjadi sebuah tim yang berkoordinasi langsung dengan Pengurus Pusat PERMATA GBKP di bawah Bidang Pembinaan. Orang-orang yang berada dalam kelompok ini disebut Tim Mahanaim PERMATA GBKP.

Sedikit berbalik, kenapa diberi nama Mahanaim ? Nama Mahanaim diambil dari Kitab Kejadian 32 : 2 yang mana dituliskan bahwa Yakub bertemu dengan Malaikat-Malaikat Allah yang disebutnya sebagai bala tentara Allah dan menamai tempat pertemuannya itu dengan Mahanaim. Pelayanan ini diberi nama Mahanaim dengan harapan menjadi tempat pertemuan PERMATA GBKP yang memiliki sikap militan layaknya seorang tentara dan mandiri dalam pelayanannya, berani menghadapi tantangan dalam pelayanan, berpikiran kreatif dan positif, dan dapat memberi kontribusi yang baik untuk GBKP khususnya PERMATA GBKP.

Tim Mahanaim PERMATA GBKP sendiri mempunyai kegiatan rutin, yaitu PA Mahanaim yang dilaksanakan setiap bulan di minggu ketiga dan antusias dari teman-teman PERMATA selalu positif. Kegiatan ini selalu meriah dan yang hadir akan mendapatkan siraman rohani dari pembicara-pembicara yang sesuai dengan kebutuhan dari Mahanaim itu sendiri. Selain itu, tim Mahanaim juga melakukan kegiatan-kegiatan pelayanan lainnya seperti ; mengadakan KKR dan KKI, Bakti Sosial, membagikan buku-buku, menjalankan program adik asuh hingga memberikan beasiswa.

Sering jadi pertanyaan, berapa batasan umur kategori Mahanaim? Pertanyaan ini seringkali muncul kepada kami dari rekan-rekan PERMATA. Pada dasarnya, tidak ada batasan umur tertentu untuk bisa masuk kedalam kategori Mahanaim. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, PERMATA yang bisa dikategorikan Mahanaim adalah PERMATA yang sudah memiliki kemandirian, pola pikir, dan tingkat kedewasaan diri yang lebih matang daripada PERMATA lainnya. Kalau ada di antara para pembaca yang sudah bekerja dan rindu untuk bersekutu juga melayani dengan kemandirian yang dipunyai, sudah saatnya bergabung dengan Mahanaim PERMATA GBKP dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan Mahanaim yang selalu menarik.

Saat ini sudah ada beberapa Klasis yang sudah memiliki tim Mahanaim diantaranya Klasis Jakarta- Banten, Jakarta- Kalimantan, Bekasi- Denpasar, Medan Kampung Lalang, Sibolangit, Tiga Binanga dan Pancur Batu. (wb)

Salam dari Kami,

Tim Mahanaim PERMATA GBKP

Post Terkait