Renungan Harian, 31 Agustus 2019
1 Korintus 12 :3

"Karena itu aku mau menyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata kata oleh Roh Allah, dapat berkata : "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun yang dapat mengaku "Yesus adalah Tuhan"selain oleh Roh Kudus."
Ini adalah perkataan Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus. Pada waktu itu, banyak sekali orang yang mengaku percaya kepada Yesus, namun masih saja hidup dalam berhala-berhala yang bisu. Mereka seperti mengerjakan mukjizat namun bukan oleh nama Yesus, tetapi melakukan berhala-berhala mereka dan berusaha menarik setiap orang masuk ke dalamnya. Mereka kelihatan percaya kepada Yesus, namun sebenarnya tidak. Dan rasul Paulus menegaskan kembali kepada mereka untuk berhati-hati kepada setiap orang yang seperti ini.
Dikatakan dan dijelaskan bahwa ketika kita mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan, kita harus menyadari bahwa itu semua karena Roh Kudus yang ada di dalam diri kita. Ketika kita mampu hidup seturut dengan kehendakNya, masuk dalam rencananya, semuanya harus kita sadari karena Roh Kudus. Kita juga dapat belajar bagaimana Buah Roh dianugerahkan kepada kita yang artinya bila Roh Kudus ada di dalam kita, maka kita adalah orang-orang yang semakin giat mengerjakan Buah Roh dalam kehidupan (Galatia 5 : 22 – 23).
Selain Roh Kudus, tidak ada lagi roh yang mampu melakukannya bagi kita, sebaliknya iblis juga adalah roh. Karena itu kita harus senantiasa menguji setiap roh apa yang ada di dalam diri kita, karena tidak akan ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah dapat berkata terkutuklah Yesus, sebaliknya ketika Roh Allah ada di dalam diri kita yaitu Roh Kudus, dengan hati kita akan berkata Yesus adalah Tuhan.
Pengakuan ini akan datang dari setiap manusia. Yesus memang adalah Tuhan. Ia adalah jalan dan kebenaran dan hidup. Ia adalah Tuhan yang berasal dari Roh Kudus. Ia adalah Sang Mesias, juruslamat ketika Ia disalib dan bangkit. Bangkit secara utuh, tubuh jiwa dan RohNya. Ia adalah Tuhan yang tidak berdosa dan tidak ada dosa di dalam dirinya, justru Ia menyelamatkan umat manusia dari dosa yang membawa dari kematian kekal kepada kehidupan kekal. Seluruh manusia telah berdosa, namun Yesus tidak berdosa sama sekali dan tidak ada dosa dalam dirinya. Ia adalah Tuhan yang sudah dinubuatkan dari zaman para Nabi. Ia adalah Tuhan yang berkuasa dan Ia adalah alpha dan omega.
Tuhan Yesus telah membuktikan bahwa Ia adalah Tuhan. Karena itu, setiap manusia yang mengaku dalam mulutnya dan percaya dalam hatinya. bahwa Yesus adalah Tuhan, akan diselamatkan.
PERMATA, mari kita sama-sama belajar megimani setiap Firman dalam Alkitab sebagai sebuah kebenaran sejati dan yakinkanlah selalu dalam hatimu.
“Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, segala lidah mengaku : “Yesus Kristus adalah Tuhan,”bagi kemuliaan Allah Bapa! (Filipi 2 : 10 – 11) dan semuanya akan indah pada waktunya.
“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia (Yesus), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” (Kisah Para Rasul 4 : 12)

Post Terkait